FASILITASI FORUM ANAK KOTA MALANG

IMG_7898Untuk mengoptimalkan hak-hak anak, utamanya anak-anak mulai menginjak usia remaja. Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Malang telah mengundang sekitar 200 pelajar setingkat SD, SMP, dan SMA untuk mendapatkan pembekalan  tentang sejauh mana hak-hak anak yang sudah tergabung  dari Forum Anak.

Pembekalan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (29/8) tadi pagi di Aula Serba Guna Kelurahan Kasin.Lurah Kasin Yuyun Nanik Ekowati, SSTP. MSi, Mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BKBPM dan Forum Anak atas dipercayakannya Kelurahan Kasin sebagai tuan rumah. Beliau juga minta maaf jika sebagai tuan rumah disana-sini masih banyak kekurangan.

IMG_7911

Selanjutnya sambutan dari perwakilan dari BKBPM Drs. Sapto,  menurutnya, secara filosofis anak mempunyai hak untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang, serta berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Setiap anak Indonesia mempunyai hak menyatakan dan didengar pendapatnya. Banyak fakta menunjukkan, hak-hak anak Indonesia banyak yang belum terpenuhi. ”Kasus-kasus penjualan anak, eksploitasi seksual dan ekonomi anak adalah contoh pelanggaran hak-hak anak untuk mendapatkan perlindungan,” katanya.

Selain itu, rendahnya akses anak-anak terhadap proses pengambilan keputusan juga menunjukkan hak partisipasi anak belum terpenuhi. Maka diperlukan forum anak sebagai wadah bagi partisipasi anak dalam menyalurkan partisipasinya.

IMG_7891

beliau juga berharap, forum ini memiliki fungsi sebagai wahana penyaluran minat, bakat sekaligus sebagai ajang bagi anak-anak untuk berkreasi dan berprestasi dengan menyenangkan. ”Tak terkecuali bagi mereka anak-anak dari kelompok marginal, yang karena berbagai situasi tertentu mereka memerlukan perlindungan khusus,”

mengatakan,. Forum anak  adalah wadah partisipasi pembangunan yang menjembatani kepentingan anak anak dan kepentingan orang dewasa. Sehingga Pemkot Malang memfasilitasi forum anak dengan tujuan untuk memberikan peluang dan ruang kepada anak dalam untuk berpartisipasi didalam pembangunan,” katanya. (sty)

IMG_7929

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *