Berita

SOSIALISASI ANTISIPASI GERAKAN ISIS DI WILAYAH KELURAHAN KASIN

IMG_4342Perang melawan penyebaran jaringan organisasi Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) gencar dilakukan Pihak Kepolisian dan Pemerintah Daerah melalui Kesbangpol. Selain menangkap orang-orang yang diduga terlibat dalam organisasi itu, polisi juga menggelar sosialisasi di tengah masyarakat.Hal ini seperti yang dilakukan Kelurahan Kasin, Rabu, 15 April 2015, setelah tempo hari seorang warga Kelurahan Kasin tertangkap karena terlibat jaringan tersebut, sosialisasi mengenai ISIS  dilakukan bersama dengan tiga nasasumber yaitu :

 

Bakesbangpol yang diwakili oleh Bapak Mulyo Hadi, dari Kapolsek oleh Bapak Adnan  (Wakapolsek), dari Forum Komunikasi Umat Beragama oleh Bapak Dr. Nur Khosim Iskandar. selain itu Hadir juga Camat Klojen dan LPMK serta perserta sosialisasi adalah tokoh masyarakat, takmir masjid, PKK, Ketua RW dan Ketua RT.  Berikut ini adalah inti sosialisasi dari ketiga narasumber tersebut:

Apa ISIS Itu | Pengertian :

ISIS merupakan singkatan dari “Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)” . Namun baru baru ini di Indonesia juga digemparkan dengan adanya isu yang menyatakan ISIS sekarang banyak di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa ISIS adalah sebuah gerakan politik yang menggunakan topeng agama. ISIS juga bisa didefinisikan sebagai negara tanpa pengakuan internasional, karena para personil ISIS mempunyai cita-cita untuk menjadikan wilayah taklukannya sebagai negara berbasis islam.


Sejarah singkat tentang ISIS

Sejarah dan faktor utama penyebab lahirnya kelompok ini berdasarkan beberapa fakta kejadian lampau yakni sejak runtuhnya pemerintahan Islam Turki Utsmani pada tahun 1924 umat Islam berada dalam kehinaan dibawah ketiak pemerintahan selain Islam. Islam hanya disimpan banyak-banyak dikepala, kitab-kitab usang, terpojok disudut-sudut masjid tanpa bertransformasi dalam realita kehidupan. Berbagai upaya dilakukan oleh para Mujahid dan Ulama untuk mengembalikan identitas Negara Islam. Salah satu upayanya adalah di era Jihad Afghanistan, banyak mujahid dari seantero negeri berkumpul melawan invasi Soviet pada tahun 1980an. Umat Islam mulai bangun dari tidur dan turun ke medan jihad untuk menyongsong kejayaan yang dijanjikan.

Kini kelompok ini kian kental dengan embel-embel agama dan siap mempengaruhi siapapun, bahkan kelompok ini sudah dinyatakan sebagai kelompok teroris baru dikalangan dunia. Dan yang paling menghebohkan adalah ISIS mulai kencang menarik kaum dari Indonesia.

ISIS mencoba memanfaatkan negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam terbesar di dunia, ISIS gencar menyebarkan ajaran sesat mereka ke masyarakat terutama kepada pemuda dan anak sekolah yang mudah sekali terpengaruh.

Sebagai orang tua, ulama, tokoh masyarakan dan pejabat kita wajib memberi pengertian dan penjelasan kepada keluarga dan lingkungan kita. Bahayanya ajaran yang dibawa ISIS, karena ini tanggung jawab kita bersama

Kita harus bertindak cepat dalam permasalahan ini, sedini mungkin kita harus mencegah ajaran ISIS ini jangan sampai bisa masuk apalagi menyebar luas. Apabila dibiarkan ajaran ini akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap keutuhan dan keamanan negara kita. Ajaran yang disebarkan ISIS sangat bertentangan dengan ajaran Islam sesungguhnya.

Jika masyarakat mencurigai seseorang yang terlibat dalam gerakan tersebut, jangan melakukan tindakan apapun kecuali segera melaporkan kepada pihak yang berwajib supaya bisa segera diproses.

 

 

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *