Kondisi Wilayah

 

PROFIL KONDISI WILAYAH KELURAHAN KASIN

Kondisi Geografi

Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang merupakan salah satu kelurahan diantara 11 kelurahan yang berada di wilayah administratif Kecamatan Klojen yang secara geografis terletak di kawasan pusat kota Malang. Hal ini dapat dilihat dari orbitasi atau jarak yang tidak begitu jauh antara Pusat Pemerintahan Kelurahan Kasin dengan Pusat Pemerintahan Kota Malang yaitu pada kisaran 1,2 Km dengan batas administratif yaitu :

Sebelah Barat : Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun
Sebelah Utara : Kelurahan Kauman dan Kelurahan Sukoharjo   Kecamatan Klojen
Sebelah Timur : Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen
Sebelah Selatan : Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun

 

Secara Administratif Kelurahan Kasin Terbagi dalam 11 (sebelas) RW dan 96 (sembilan puluh enam) RT, dimana terdapat sebagaian wilayah administratif yaitu RW 07, RW 03, RW 02 dan sebagaian kecil RW 01 berada di bantaran sungai besar yaitu Sungai Brantas yang tentunya sangat rawan terhadap bencana alam baik banjir ataupun longsor dan khususnya di wilayah RW 03 masyarakatnya sebagaian besar bertempat tinggal di bantaran sungai dengan pola kehidupan yang sederhana, tidak di dukung dengan tingkat pendidikan yang memadai dan minimnya ketrampilan yang dimiliki sehingga di wilayah ini banyak terdapat warga yang masuk dalam katagori pra sejahtera.

 

1.2    Kondisi Demografi dan Perkembangan Penduduk

Konsekuensi sebuah wilayah yang berada pada pusat perkotaan atau di wilayah kota tentu berdampak pada aspek demografi masyarakatnya dimana di Kelurahan Kasin dari wilayah seluas 132.200 m2 dengan penduduk yang sangat padat yaitu penduduk Kelurahan Kasin berjumlah 15.780  jiwa dengan komposisi penduduk laki-laki sebanyak   7.515 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak  8.265 jiwa.

Kelurahan Kasin banyak dihuni oleh masyarakat urban sehingga dari sisi etnis lebih variatif yaitu dari etnis Jawa, keturunan Arab, keturunan Cina dan Madura dengan jumlah yang tidak jauh berbeda. Tentunya dengan banyaknya etnis dari masyarakat Kelurahan Kasin ini dan membawa budaya masing-masing yang banyak perbedaan sehingga ini membawa permaslahan tersendiri dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Seiring berjalannya waktu dan didukung sudah cukup lamanya masyarakat ini berdomisili di wilayah Kelurahan Kasin kondisi ini mengalami pergeseran karena adanya transformasi perilaku/budaya yang sejalan dengan budaya masyarakat pribumi sehingga situasi yang kondusif ini menjadi modal dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dan kegiatan sosial kemasyarakatan yang ada di wilayah Kelurahan Kasin.

Disamping itu dari kondisi sebuah kawasan perkotaan yang padat berdampak pada aktifitas warga masyarakat, dimana dengan keterbatasan lahan masyarakat dituntut untuk lebih berinovasi dan berimprovisasi di dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Kondisi ini menjadikan warga Kelurahan Kasin sebagaian besar beraktivitas di bidang usaha dan jasa serta perdagangan baik skala kecil, menengah sampai skala besar.

3 thoughts on “Kondisi Wilayah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *